Menuliskan Rumus Dalam Excel

Salah satu kelebihan dari Excel 2007 sebagai program aplikasi pengolahan angka adalah kemampuannya untuk melakukan proses penghitungan dengan cepat dan mudah. Untuk melakukan penghitungan, kita bisa menggunakan rumus dan fungsi. Rumus pada Excel mengikuti kaidah-kaidah umum, namun penulisannya disesuaikan dengan keyboard. Misalnya kita ingin mengetikkan rumus "3x11' (Kuadrat)", maka kita menulisnya pada Excel dalam bentuk "3*11^2".

Menulis Rumus

Ada beberapa cara untuk menulis rumus/formula dalam excel.
Cara 1:
  1. Klik Cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus.
  2. Kemudian ketikkan rumus yang anda inginkan pada formula bar, contoh: =F5-G5
Cara 2:
  1. Klik cell untu mengaktifkan cell yang akan diberi rumus.
  2. Ketikkan sama dengan (=) pada keyboard.  (disertai rumus tertentu jika perlu).
  3. Kemudian klik cell tujuan pertama.
  4. Ketikkan operator melalui keyboard.
  5. Kemudian klik cell tujuan kedua.
Cara 3:
  1. Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus.
  2. Klik tombol insert function yang berada disebelah kiri formula bar, sehingga muncul kotak dialog sebagai berikut:
  3. Pada bagian select category pilih kategory rumus.
  4. Kemudian pada bagian Select a function pilih rumus/fungsi yang diinginkan.
  5. Klik tombol OK, dan isikan data yang diperlukan.
  6. Klik Ok.

Menyalin Rumus

Ada 2 cara untuk menyalin rumus dari satu cell ke alamat cell lain:
Cara 1:
  1. Klik/Blok cell yang akan disalin
  2. Klik tab Home 
  3. Pilih kategori clipboard
  4. Klik tombol Coppy (Ctrl+C)
  5. Klik/Blok cell tempat penyalinan
  6. Klik tombol Paste (Ctrl+V)
Cara 2:
  1. Klik/Blok cell yang akan disalin.
  2. Arahkan ke pojok kanan bawah dari cell sehingga akan muncul tanda kursor +
  3. Drag kursor kearah cell yang akan disalin (kanan/kiri/atas/bawah).

Operator Aritmatika

Operator Aritmatika dipakai untuk penghitungan dasar-dasar matematika, misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain-lain.
Macam-macam operator aritmatika:
Hierarki adalah urutan pelaksanaan eksekusi suatu operasi jika terdapat beberapa operator sekaligus dalam satu rumus. Untuk mempengaruhi urutan hierarki dapat dipengaruhi dengan mengelompokkannya menggunakan tanda kurung.

Alamat Relatif dan Alamat Absolut

Alamat Relatif
Jika kita punya sebuah rumus yang merupakan operasi dari beberapa cell, maka Excel akan menerjemaahkan alamat relatif sebagai lokasi relatif suatu alamat cell atau range dari lokasi alamat lainnya.
Contoh: Pada cell E5 berisi rumus "=E3*E4", Jika rumus tersebut di copy ke cell F5, maka akan otomatis berubah menjadi "=F3*F4".
Alamat Absolut
Alamat absolut adalah alamat yang selalu bernilai sama meskipun rumusnya di copy kan ke manapun. Penulisan alamat absolut selalu ditambahkan tanda "$" pada nama kolom dan/atau nomor barisnya atau dengan menekan tombol F4 pada keyboard.

Alamat Absolut
Terdapat 2 jenis alamat absolut:

Semi Absolut
Pada alamat semi absolut, penguncian hanya dilakukan pada salah satu diantara kolom dan baris.
Contoh:
$C9: Penguncian kolom C, dengan cara ini ketika cell dicopy kekanan alamat cell akan tetap dibaca sebagai $C9, namun ketika dicopy ke bawah alamat cell akan berubah menjadi $C10.
C$9: Penguncian baris 9, dengan cara ini ketika cell di copy ke bawah alamat cell akan tetap dibaca sebagai C$9 bukan C10, namun ketika di Copy ke kanan alamat cell akan berubah menjadi D$9.

Absolut Mutlak
Pada alamat absolut mutlak, penguncian akan dilakukan pada kolom dan baris sekaligus.
Contoh:
Pada Cell E3 kita isikan rumus "=E2*$E$2". Jika rumus itu kita copy kan ke cell F4, maka rumusnya akan menjadi "=F2*$E$2". Terlihat bahwa alamat E2 akan tetap. E2 disebut alamat absolut mutlak.

Comments

Popular Posts

Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 7

Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 8