Shalat Istikharah

 

Shalat sunah Istikharah dua raka'at, untuk memohon kepada Allah SWT pada pilihan sesuatu pekerjaan baik atau tidaknya yang akan dilakukan. Maka dalam hal ini kita mohon penetapan (petunjuk) Allah SWT dari sesuatu pekerjaan yang masih kita ragu-ragukan baik atau buruk.

Bacaan niatnya sebagai berikut:
Artinya: Aku Shalat sunah Istikharah dua raka'at karena Allah

  1. Bacaan raka'at 1 (pertama) surat Al-Kafirun setelah membaca surat Al-Fatihah
  2. Pada Raka'at 2 (kedua) surat Al-Ikhlas setelah membaca Al-Fatihah
Setelah selesai kemudian membaca Do'a sebagai berikut:
Artinya: Ya Allah, Ya Tuhan-ku, sesungguhnya aku meminta kebaikan dalam urusanku dengan ilmu Engkau dan aku meminta kepastian kepada-Mu degnan kudrat-Mu, dan aku meminta kepada-Mu dari ke utamaan-Mu yang Agung itu. Sesungguhnya Engkau berkuasa dan aku tidak berkuasa, Engkau mengetahui dan aku tidak mengetahui, serta Engkau mengetahui barang yang ghaib. Ya Allah, Ya Tuhanku, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini? (Saudara katakan apa-apa yang dimaksudkan dan sebagainya)? Untuk ku dalam agama ku, dan dunia ku dan akibatnya didunia dan akhirat takdirkanlah ia untuk ku dan berkahkanlah aku didalamnya, kemudian gampangkanlah ia untuk ku. Dan jika Engkau mengetahuinya bahwa urusan ini? (katakan urusan saudara....) buruk jelek bagi ku dalam agama ku, dan dunia ku, dan akibatnya di dunia dan di akhirat, maka palingkanlah aku dari padanya, dan palingkanlah ia dari pada ku dan takdirkanlah bagi ku kebaikan dimana saja berada, sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu sangat berkuasa. Dan shalawat atas Allah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya serta para shabatnya dengan ke selematan.





Comments

Popular Posts

Perubahan Sosial Budaya

Kondisi Alam Negara-negara di Dunia