Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran untuk Kesejahteraan dan Persatuan Bangsa Indonesia

Pada sub bab sebelumnya kalian sudah belajar tentang kelangkaan. Masih ingatkan kalian pengertian dari kelangkaan ! Kelangkaan merupakan persolan ekonomi yang paling mendasar dikarenakan keinginan manusia yang tidak terbatas dengan ketersediaan sumber daya yang terbatas.Kelangkaan ini ada karena orang ingin memiliki lebih banyak barang atau jasa yang pada sistem pengelolaan dari sumber daya yang dikelola. Penyebab kelangkaan antara lain:
  1. Perbedaan letak geografis sehingga sumber daya alam tersebar tidak merata. Ada daerah yang banyak sumber daya alamnya bahkan daerah tersebut subur dan daerah yang kurang memiliki potensi sumber daya alam atau bahkan daerah tersebut kurang subur. Perbedaan geografis ini berpengaruh pada kekayaan sumber daya masing-masing daerah.
  2. Pertumbuhan penduduk lebih cepat dibanding pertumbuhan barang produksi sehingga menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan dengan persediaan barang dan jasa.
  3. Keterbatasan kemampuan produksi barang.
  4. Perkembangan teknologi yang tidak sama, di beberapa negara maju perkembangan teknologi berlangsung cukup cepat serta di negara berkembang justru perkembangan teknologi lambat dibandingkan dengan perkembangan kebutuhan akan barang dan jasa.
Terbatasnya sumber daya mendorong manusia melakukan segala usaha agar kelangkaan bisa memenuhi kebutuhan hidup.Faktor penyebab kelangkaaan yang telah diuraikan dapat menimbulkan penawaran dan permintaan terhadap barang dan jasa. Penawaran terhadap barang dan jasa akan melimpah terjadi pada daerah yang kelebihan hasil produksi. Kelebihan penawaran ini akan mengakibatkan harga barang pada daerah tersebut menjadi murah. Daerah yang kekurangan sumber daya akan menyebabkan kelebihan permintaan sehingga harga barang pada daerah yang kekurangan menjadi mahal. Untuk mengatasi kelebihan penawaran pada daerah yang kelebihan sumber daya dan kekurangan pada daerah yang kurang sumber daya dengan melakukan distribusi barang dan jasa.

Kalian masih ingat  yang dimaksud distribusi? Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung.Pada saat melakukan kegiatan distribusi dapat dilakukan diantaranya melalui pasar. 

Apa kaitan antara pasar dengan distribusi? Sesuai dengan fungsinya pasar merupakan tempat promosi, distribusi, dan pembentukan harga. Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli. Kaitan antara pasar dengan distribusi adalah pasar merupakan tempat atau lembaga untuk mendistribusikan barang dan jasa dari podusen kepada konsumen.
Keterkaitan antara pasar dan distribusi dapat kita lihat peranan pasar dalam mendistribusikan barang dan jasa. Peranan keterkaitan pasar dengan distribusi antara lain sebagai berikut.
  1. Mempermudah konsumen  memperoleh barang konsumsi. Dengan adanya pasar dan distribusi, barang dan jasa yang dihasilkan produsen dapat dinikmati oleh konsumen baik melalui pasar tradisional maupun modern.
  2. Membentuk terciptanya harga barang yang stabil. Dengan adanya pasar barang-barang dapat tersalurkan kepada konsumen. Proses penyaluran akan membuat harga relative stabil. Naiknya harga barang biasanya dipengaruhi oleh karena langkanya barang. Langkanya barang yang di pasar juga dipengaruhi oleh lancarnya distribusi. Apabila distribusi lancer dan  barang  selalu tersedia di pasar maka harga akan relatif stabil.
  3. Produsen akan mempertahankan keuntungan dan penjualan produk. Keuntungan bagi produsen dengan adanya pasar dan distribusi akan mempertahankan penjualan dengan stabil. Penjualan ini akan mempengaruhi keuntungan yang diperolehnya.
Bagi perekonomian nasional peran pasar dalam pemenuhan kebutuhan antarruang dapat dilihat sebagai berikut.
  1. Peranan bagi produsen, dapat menawarkan hasil produksinya di pasar. Sehingga pasar dalam hal tempat penjualan sekaligus tempat promosi bagi produsen. Dan lewat pasar inilah produsen dapat mengembangkan usahanya.
  2. Peranan bagi konsumen, dapat memenui semua keutuhannya melalui pasar, semakin luas pasar semakin mempermudah konsumen memperoleh barang yang dibutuhkan.
  3. Peranan bagi pembangunan, karena pasar menyediakan barang dab jasa yang bermanfaat dan diperlukan dalam pembangunan. Pasar ini mendorong pembangunan daerah-daerah. Selain itu pasar dapat menambah pendapatan daerah.
  4. Peranan pasar bagi sumber daya manusia, dapat menyerap tenaga kerja. Semakin luas pasar berarti membuka kesempatan kerja dan ini artinya menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.
Ketersediaan sumberdaya merupakan hal penting dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat secara merata dengan harga terjangkau. Kelangkaan yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa dan kemudian mendistribusikan kepada masyarakat demi peningkatan kesejahteraan.

RANGKUMAN

  1. Kebutuhan adalah suau keinginan manusia terhadap suatu barang atau jasa dan menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi akan berdampak negatif pada kelangsungan hidupnya. 
  2. Macam-macam kebutuhan dapat dilihat dari: (a) intensitasnya yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier; (b) sifatnya yaitu kebutuhan jasmani dan rohani; (c) waktu pemenuhan yaitu kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang; dan (d) subjek yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok.
  3. Kelangkaan adalah suatu keadaan dimana kebutuhan manusia yang tidak terbatas dihadapkan pada alat pemuas kebutuhan yang terbatas.
  4. Macam-macam alat pemuas kebutuhan dapat dilihat dari: wujudnya, cara memperolehnya,  tujuan penggunaannya,  hubungan dengan barang lain, dan  proses pembuatannya.
  5. Tindakan ekonomi adalah tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.
  6. Tindakan ekonomi manusia tersebut didorong oleh motif ekonomi. Motif ekonomi adalah alasan atau keinginan yang mendorong manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi. 
  7. Macam-macam motif ekonomi antara lain: (1) motif memenuhi kebutuhan; (2) motif berbuat sosial; (3) motif memperoleh penghargaan; dan (4) motif mendapatan kekuasaan.
  8. Tindakan ekonomi yang didorong oleh motif ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi. 
  9. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan yang kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang  diinginkan.
  10. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang/jasa atau kegiatan menambah kegunaan barang/jasa.
  11. Tujuan produksi: untuk menghasilkan barang/jasa, untuk memperoleh keuntungan, dan memenuhi kebutuhan konsumen.
  12. Faktor-faktor produksi: (1) faktor produksi alam;(2) faktor produksi tenaga kerja; (3) faktor produksi modal; dan (4) faktor produksi kewirausahaan.
  13. Dalam memproduksi barang diperlukan kreativitas agar hasil produksinya disenangi masyarakat.
  14. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. 
  15. Ciri-ciri manusia kreatif antara lain: bersifat ingin tahu, sering mengajukan pertanyaan yang baik, banyak gagasan dan usul-usul terhadap suatu masalah, mampu menyatakan pendapat secara spontan, tidak mudah terpengaruh pendapat orang lain, mampu mengajukan gagasan pendapat yang berbeda dengan orang lain,  berpikir ke depan, mempunyai kebiasaan belajar sendiri,  belajar dari kegagalan, dan belajar dari pengalaman orang lain.
  16. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Sistem distribusi: distribusi langsung, distribusi semi langsung, dan distribusi tidak langsung.
  17. Konsumsi adalah kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan kegunaan barang/jasa baik secara berangsur-angsur atau sekaligus habis.
  18. Tujuan orang melakukan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan. Konsumsi menurut tujuan dibedakan atas: konsumsi produktif dan konsumsi akhir.



Sumber : Buku Siswa IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016




Comments

Popular Posts

Perubahan Sosial Budaya

Kondisi Alam Negara-negara di Dunia