Mengenal Workbook dan Worksheet

Secara teknis, sebuah dokumen Excel bisa disebut dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku kerja). Secara default sebuah Workbook Excel memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokumen. Beberapa dokumen/worksheet yang saling berhubungan dapat anda kelompokkan menjadi sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda mengklasifikasikan dokumen sesuai dengan keperluan.

Sebuah worksheet memiliki tampilan sama seperti table dalam Ms. Word, tetapi dengan kemampuan perhitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan dari tabel Ms. Word. Sebuah workbook baru terdiri dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet1, Sheet2, dan Sheet3. Ketika anda menekan tab worksheet, Excel akan menampilkan isi dari worksheet yang bersangkutan.

Menambahkan Workbook

Cara 1:
  1. Klik Office Button yang terletak pada pojok kiri atas dokumen.
  2. Pilih New.
  3. Pada kotak dialog yang muncul pilih Blank workbook.
  4. Klik Create.
Cara 2:
  • Tekan tombol Ctrl bersama dengan tombol N (Ctrl+N) pada keyboard.

Menambahkan Worksheet

Cara 1:
  • Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
Cara 2:
  • Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3:
  1. Klik kanan pada salah satu tab worksheet.
  2. Pilih Insert.
  3. Pada kotak dialog yang muncul pilih Worksheet.
  4. Klik Ok.

Mengganti Nama Worksheet

Cara 1:
  1. Klik kanan tab worksheet yang akan diganti namanya.
  2. Pilih Rename.
  3. Ketikkan nama baru.
Cara 2:
  1. Klik 2 kali tab worksheet yang akan diganti namanya.
  2. Ketikkan nama baru.

Menghapus Worksheet

  1. Klik kanan tab worksheet yang akan dihapus.
  2. Pilih Delete.

Membuka Workbook

Cara 1:
  1. Klik Office Button.
  2. Pilih Open.
  3. Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  4. Klik Open.
Cara 2:
  1. Tekan tombol Ctrl+O pada keyboard.
  2. Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  3. Klik Open.

Menyimpan Workbook

Cara 1:
  1. Klik Office Button.
  2. Pilih Save.
  3. Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  4. Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
  5. Klik Save.
Cara 2:
  1. Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.
  2. Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
  3. Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
  4. Klik Save.

Menutup Workbook

Cara 1:
  1. Klik Office Button.
  2. Pilih Close.
Cara 2:
  • Klik tombol Close pada pojok kanan atas dokumen.
Cara 3:
  • Tekan tombol Ctrl+W pada keyboard.

Comments

Popular Posts

Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 7

Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 8