Pembelajaran Abad 21
Pembelajaran Abad 21
Secara berturut-turut masyarakat berkembang dari masyarakat primitif, masyarakat agraris, masyarakat industri, dan kemudian pada perkembangan lanjut menjadi masyarakat informasi. Abad 21 sering kali diidentikan dengan masyarakat informasi tersebut, yang ditandai oleh munculnya fenomena masyarakat digital. Masyarakat informasi sering juga disebut sebagai masyarakat generasi revolusi industri 4.0.
Istilah 4.0 pertamakali diperkenalkan pada Hannover Fair 2011 yang ditandai revolusi digital. Revolusi industri gelombang keempat, yang juga industri 4.0, kini telah tiba. Industri 4.0 adalah tren teknologi yang sedemikian rupa canggihnya, yang berpengaruh besar terhadap proses produksi pada sektor manufakur. Teknologi canggih tersebut termasuk kecerdasan buatan (artificial intellegent), perdagangan elektronik, data raksasa, teknologi finansial, ekonomi berbagi, hingga penggunaan robot.
Bob Gordon dari Universitas Northwestern, seperti dikutip Pual Krugman (2013), mencatat, sebelumnya telah terjadi 3 revolusi industri, yaitu ketika :
1. Ditemukannya Mesin Uap dan Kereta Api (1750-1830)
2. Ditemukannya Listrik, Alat Komunikasi, Kimia dan Minyak (1870-1900)
3. Ditemukannya Komputer, Internet dan Telepon Genggam (1960-Sekarang)
Versi lain menyatakan, revolusi ketiga dimulai pada 1969 melalui kemunculan teknologi informasi dan komunikasi, serta mesin otomatis (dikutip dari A. Tony Prasentiantono, Kompas 10 April 2018, hal. 1).
Indonesia yang merupakan bagian dari masyarakat global, juga berkembang sebagaimana alur linieristik tersebut, setidaknya dari sudut pandang pemerintah sejak Orde Baru. Akan tetapi pada kenyataannya kondisi masyarakat Indonesia tidak sama dengan perkembangan pada masyarakat Barat yang pernah mengalami era pencerahan dan masyrakat industri.
Perkembangan masyarakat Indonesia faktanya tidak secara linier, tetapi lebih berlangsung secara paralel. Artinya, ada masyarakat yang hingga fase perkembangannya sekarang masih menunjukkan masyarakat primitif, ada yang masih agraris, ada yang sudah menunjukkan karakter sebagai masyarakat industrial, dan bahkan ada yang memang sudah masuk dalam era digital. Semuanya kategori karakter masyarakat tersebut faktanya berkembang tidak secara linier, tetapi berlangsung secara paralel.
Oleh karena itu meskipun era digital sudah begitu marak yang ditandai oleh makin luasnya jangkauan internet, namun demikian ada juga masyarakat yang masih belum terjangkau internet, dan bahkan masih berupa wilayah blank spot.
Kondisi seperti itu juga berimplikasi terhadap perkembangan pelayanan pendidikan, sehingga juga berkonsekuensi terhadap karakteristik guru dan siswanya, meskipun sudah berada dalam abad 21.
Sekolah, guru dan siswa di daerah perkotaan memang sudah terkoneksi jaringan internet, tetapi untuk daerah pedesaan masih ada juga yang belum terambah oleh fasilitas internet, dan bahkan ada pula wilayah yang sama sekali belum terjangkau infrastruktur telekomunikasi.
Akan tetapi pada abad 21 sekarang ini masyarakat Indonesia memang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dengan era digital. Karena itu apa pun harus menyesuaikan dengan kehadiran era baru berbasis digital, sehingga bagaimana menjadi bagian dari era digital sekarang ini dengan memanfaatkan teknologi digital dan berjejaring ini secara produktif.
Menurut Castell kemunculan masyarakat informasional itu ditandai dengan lima karakteristik dasar.
1. Adanya teknologi-teknologi yang yang bertindak berdasarkan informasi,
2. Teknologi-teknologi itu mempunyai efek yang meresap.
3. Semua sistem yang menggunakan teknologi informasi didefinisikan oleh "Logika Jaringan" yang memungkinkan mereka mempengaruhi suatu varietas luas proses-proses dan organisasi-organisasi.
4. Teknologi-teknologi baru sangat fleksibel, memungkinkan mereka beradaptasi dan berubah secara terus menerus.
Akhirnya teknologi-teknologi spesifik yang diasosiasikan dengan informasi sedang bergabung menjadi suatu sistem yang sangat terintegrasi (dalam Ritzer, 2012: 969).
Sumber : Modul 1 PPG Daljab 2019 Kementerian Agama
Comments
Post a Comment